Tugas Pokok dan Fungsi

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Palu Nomor 10 Tahun 2016, bahwa Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Palu mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah bidang Kearsipan dan Perpustakaan sesuai dengan wewenang daerah, yang meliputi perencanaan dan pengembangan, akuisisi dan pengelolaan arsip serta perpustakaan.

Dalam melaksanakan tugas pokok Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Palu menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

  1. Pengumpulan data dan informasi serta penyusunan program yang berhubungan dengan kearsipan dan perpustakaan;
  2. Perumusan kebijakan teknis dibidang kearsipan dan perpustakaan berdasarkan prosedur dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  3. Pembinaan  pelaksanaan tugas, pemanfaatan, pengawasan, dan pelayanan kearsipan dan perpustakaan;
  4. Pelaksanaan pelayanan fasilitas penyelenggaraan, pemanfaatan, dan pengawasan kearsipan dan perpustakaan;
  5. Pemberdayaan aparatur dan menjalin kerjasama dengan mitra kerja dibidang kearsipan dan perpustakaan;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah dengan tugas dan fungsinya;
  7. Penyelenggaraan kegiatan ketatausahaan.