Fasilitas Layanan Perpustakaan

Layar yang berpendar di depan saya ini adalah layanan layar sentuh di Gedung Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Jakarta. Isinya berupa e-journal, e-book, data perpustakaan di seluruh Indonesia, dan website Perpustakaan Nasional.

Inilah salah satu yang saya coba di gedung fasilitas layanan perpustakaan besar yang baru saja saya resmikan, siang tadi. Di lantai dua gedung, saya juga membuat kartu anggota Perpustakaan Nasional. Tidak sampai satu menit, kartu saya jadi dan tidak bayar.

Gedung ini dulunya hanya tiga lantai, pengunjungnya sepi. Awal tahun 2015, akhirnya kita bangun di atas lahan 1,2 hektare. Setelah dua setengah tahun pembangunan, jadilah gedung setinggi 27 lantai, 24 lantai ke atas dan tiga lantai basement. Jangan kaget kalau Perpustakaan Nasional RI ini jadi bangunan perpustakaan tertinggi di dunia.

Tak hanya sekadar megah, pembangunan gedung Perpustakaan Nasional ini merupakan sebuah perwujudan dalam menyongsong masa depan. Semua hal berkembang dengan cara yang tidak diduga. Kalau kita tidak ikut berubah, ya kita ditinggal. Jadi saya senang sekali Perpustakaan Nasional sekarang sudah mulai pengembangan serba digital, seperti e-resources, e-book, e-journal dan lainnya yang saya coba di layar sentuh ini.

Ir.Djoko Widodo – Presiden Republik Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *